Ada Fenomena Batu Magnet di Banyumas

Alam memang memiliki banyak misteri yang kadang sulit untuk diterima akal, baru-baru ini ada sebuah fenomena batu magnet di Banyumas, Jawa Tengah seperti yang ada di Jabal (gunung) Magnet daerah Madinah negara Arab Saudi, fenomena batu magnet ini mampu menggerakan mobil dengan bermuatan penumpang walaupun kondisi mesin dalam keadaan mati.

Letak batu magnet yang lebih tepatnya berada di jalan desa Limpakuwus, kecamatan Sumbang cukup mengundang perhatian warga yang akhirnya berdatangan untuk membuktikan kebenaran fenomena batu magnet yang terjadi.

Sebuah mobil diletakan pada jalan rata yang bermuatan magnet tersebut dapat bergerak hingga 10 – 15 km/ jam dalam jarak 500 meter, namun ketika sebuah kompas penunjuk arah diletakan pada jalan batu yang bermagnet tersebut,ada sedikit keanehan pada jarum kompas yang tidak bergoyang dan menunjukan keadaan yang normal, seharusnya pada daerah yang memiliki medan magnet, keadaan jarum kompas yang sensitif akan bergerak tidak beraturan.

Untuk meneliti fenomena yang terjadi, tim ahli geologi dari Universitas Jenderal Sudirman datang ke lokasi untuk melakukan uji coba. Pada saat ini tim ahli geologi baru membuat pernyataan bahwa ada perbedaan elevasi antara dua sampai dengan tiga derajad pada jalan magnet tersebut dan hingga kini penelitian terhadap fenomena batu magnet di Banyumas masih dilanjutkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Post