Fasilitas SMS Gratis lewat Gmail

Lagi-lagi Google kembali mengeluarkan jurus ampuh untuk memikat hati para menggemarnya, kali ini ditujukan untuk para netter yang masih sering mengirimkan data lewat SMS, melalui fasilitas SMS in Chat sekarang para pemilik account Gmail dapat mengirim pesan singkat (SMS) secara gratis ke telepon selular. Sebenarnya fasilitas SMS gratis lewat Gmail ini sudah lama ada, bermula dari negara Amerika Serikat dan kemudian Google mulai mengembangkan sayapnya ke negara lain termasuk Indonesia yang beruntung mendapatkan fasilitas SMS gratis ini, walaupun di Indonesian baru operator Telkomsel (Halo, Simpati dan Kartu AS) dan Indosat (IM3, Matrix dan Mentari) saja yang bisa menerima fasilitas SMS gratis ini.

Berikut ini adalah daftar Negara dan operator selular yang telah mendapat fasilitas SMS gratis dari Gmail.

Ghana (Airtel, MTN, Tigo)
Indonesia (Indosat, Telkomsel)
Israel (Orange, Pelephone)
Kenya (Airtel, Orange, Safaricom)
Malawi (Airtel, TNM)
Nigeria (Glo, Starcomms)
Palestinian Territories (Jawwal, Wataniya Mobile)
Philippines (SMART, Sun Cellular)
Saudi Arabia (STC)
Senegal (Orange, Tigo)
Tanzania (Vodacom)
Uganda (Orange, MTN, Uganda Telecom)
United States (Semua Operator)
Zambia (Airtel, MTN)

Anda dapat menggunakan fasilitas SMS Gmail ke Negara dan operator yang telah tercantum diatas secara gratis, lumayan kan untuk menghemat biaya SMS internasional yang tergolong masih mahal .

Untuk menggunakan SMS gratis lewat Gmail caranya adalah:

1. Login ke Account Gmail anda.

2. Buka Google Labs, bila anda menggunakan Gmail dalam bahasa Indonesia, cari tombol opsi yang berada pada sebelah pojok kanan atas, lalu pilih labs.

3. Setelah halaman Google Labs terbuka, cek fitur (Pesan teks) SMS di Obrolan dan SMS dalam gadget Obrolan, kedua fitur tersebut harus dalam pilihan “Aktifkan”. (biasanya untuk setting standart Gmail, kedua fitur tersebut sudah dalam keadaan aktif)

4. Untuk mengirim SMS silahkan isi “Nomor telepon tujuan anda” pada sidebar sebelah kiri Gmail anda. (misalkan nomor tujuan anda 081311112222, maka format yang ditulis +6281311112222) untuk melanjutkan tekan “Enter

5. Setelah itu masukan pesan SMS dan kirimkan.

Setiap hari anda hanya diberi jatah SMS gratis oleh Gmail sebanyak 50 kali, Menurut saya jatah tersebut saya anggap cukup, ditambah lagi fasilitas SMS gratis dari Gmail memiliki kecepatan dalam mengirimkan SMS kepada penerima pesan. Hanya dalam hitungan detik saja pesan langsung sampai dan tidak mengecewakan .

Lalu bagaimana dengan penerima pesan, Apakah SMS dari Account Gmail dapat dibalas oleh penerima pesan tersebut?

Google memberikan jawaban sebagai berikut:

When you receive an SMS message from a Gmail contact, add the incoming number to your phone's address book (this number is associated with the sender's Gmail account, so you can use it to send Chat messages to that person in the future). Then, you can reply to the message as you would any other text message, and your reply appears as a Chat message in your friend's Gmail account.

Maksudnya adalah anda dapat menyimpan nomor pengirim SMS dari Gmail ke dalam phone book anda, nomor yang disimpan tersebut dapat digunakan untuk menerima kembali pesan SMS dari anda, dan bila anda ingin membalas SMS lewat operator telepon, maka anda akan dikenakan biaya dengan tarif SMS standart.

2 komentar:

hanif mengatakan...

gan... misi nih.
mungkin agan bisa bantu saia,saia mempunyai hp samsung galaxy ST-i5510 nah kan saia memasang password nah itu di paksa asal"lan di buka oleh temen saia nah sekarang terblokir,dan saia di suruh membuat account gmail,tapi sudah saia bikin account gmail sama masukan account gmail saia katanya invailid username(email) or password.
itu gimana?
bisa bantu ga?kirmin ke email saia yah nindipriagustina@yahoo.com

iftizamni mengatakan...

yah korea ga bisa ya...

Posting Komentar

Related Post