Manfaat dan Pentingnya PageRank Suatu Blog

Menata kualitas sebuah blog bukan hanya ditentukan oleh tampilannya saja, tetapi yang paling utama adalah dari popularitas yang dimiliki blog tersebut. Banyak faktor yang nantinya akan sangat menentukan, salah satu yang utama adalah PageRank yang berkaitan erat pada search engine.

PageRank yang diasumsikan sebagai rangking halaman blog merupakan fitur utama yang dibuat Google sebagai pengukur tingkat popularitas page/ halaman suatu blog, Penilaian PageRank suatu blog dimulai dari angka terkecil 0 s/d 10 dan untuk blog yang baru biasanya belum memiliki PageRank atau N/A, semakin tinggi nilai PageRanknya semakin baik pula situs atau blog tersebut didalam pencarian search engine.

Para blogger banyak yang berlomba-lomba untuk mendapatkan PageRank yang tinggi pada blognya, segala cara mereka lakukan dari menerapkan tehnik SEO, mencari backlinks dari blog ber-PageRank tinggi dan lain sebagainya, namun apa sih manfaat yang akan didapatkan nantinya bila telah mempunyai blog yang ber-PageRank tinggi? Setelah bersilaturahim ke berbagai blog tetangga dan bertanya ke para senior, akhirnya mencoba mengambil kesimpulan bahwa alasan utamanya adalah untuk segi bisnis. Mengapa demikian? Sebuah blog yang memiliki PageRank tinggi akan mudah sekali ditemukan di dalam search engine, contohnya pada pencarian sebuah keyword yang sama, search engine akan cenderung menampilkan halaman blog yang ber-PageRank tinggi dahulu kemudian halaman ber-PageRank dibawahnya, hasil pencarian search engine akan mencari halaman-halaman yang dianggap berkualitas yang kemudian ditampilkan pada halaman pertama search engine, otomatis halaman-halaman tersebut akan kebanjiran trafik dari para pengunjung dan blog yang anda buat akan semakin popular.

Bila kita sudah memiliki sebuah blog yang popular, dengan banyak pengunjung setia yang datang setiap harinya untuk mendapatkan update konten-konten yang mereka sukai, hal demikian tentu saja akan sangat baik untuk dijadikan ladang bisnis. Contohnya bila blog yang anda miliki tentang jual beli suatu produk, maka perluang untuk produk anda lebih dikenal dan diminati akan lebih tinggi, contoh lainnya bila anda mengkomersilkan blog anda untuk dipasangkan iklan maka para sponsor atau advertiser tidak ragu untuk menempatkan promosi produk dan jasanya di Blog anda dan tentu saja dengan bayaran yang diberikan kepada anda. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dan hal penting lainnya bisa didapatkan dari memiliki blog yang ber-PageRank tinggi, seperti mengikuti program me-review, menjual link, program CPM (Cost Per Impression) yang memberlakukan syarat batasan minimal pengunjung setiap harinya. dll.

1 komentar:

outbound puncak mengatakan...

mantab atas infonya
bermanfaat banyak buat blogger pemula

Posting Komentar

Related Post