Cara Membuat Account Gmail

Pada suatu pagi ketika sedang melakukan chating, ada rekan yang menanyakan tentang cara membuat account Gmail, menurut anda yang telah terbiasa dengan internet pertanyaan tersebut dianggap mudah sekali, namun bagi yang baru terjun mengenal dunia internet mungkin akan terlihat sulit dan membutuhkan panduan untuk membuatnya.

Account Gmail adalah account milik situs raksasa Google, bagi anda yang belum memiliki Account Gmail dianjurkan untuk membuatnya karena banyak fasilitas yang bisa anda dapatkan bila memiliki account tersebut, antara lain fasilitas chat dengan Google Talk, fasilitas SMS gratis, Google Buzz dan masih banyak fasilitas Google lainnya.

Berikut ini cara untuk membuat Account Gmail.
(sebagai contoh saya membuatnya pada Google Indonesia)

1. Buka situs Google, atau ketik URL http://www.google.co.id pada browser anda.

2. Klik tab Gmail, lalu klik tombol “Buat akun”.

3. Isilah data pada halaman “Memulai dengan Gmail

4. Nama Depan: isilah dengan nama depan anda atau bisa dengan nama lain sesuai keinginan anda.

5. Nama Belakang: isilah dengan nama belakang anda atau nama lain, dapat juga diisikan dengan nama samaran.

6. Nama Login Yang Diinginkan: isilah dengan nama yang nantinya dijadikan sebagai nama Account Google anda, dalam memilih nama login anda dapat menuliskan dengan kalimat apa saja, namun harap diperhatikan, hanya huruf (a-z), angka (0-9), dan titik (.) yang diizinkan, setelah itu klik tombol “cek ketersediaan!

7. Cek nama login anda sampai nama login yang anda inginkan tersedia.

8. Buat sandi: isikan minimal 8 karekter, dapat diisikan dengan huruf, angka atau tanda.

9. Masukan kembali sandi: isikan kembali kata sandi anda sesuai dengan yang anda tuliskan pada Buat sandi.

10. Pertanyaan keamanan: isilah pertanyaan keamanan sesuai anda inginkan, pertanyaan keamanan ini dibutuhkan bila nantinya anda lupa dengan kata sandi anda atau ada masalah dengan Account Gmail anda.

11. Jawaban: isikan dengan jawaban dari Pertanyaan keamanan atau dapat anda isi kan dengan kata-kata semau anda.

12. Email Pemulihan: isilah dengan email anda yang lain, Alamat ini digunakan untuk mengautentikasi account Gmail anda jika anda mengalami masalah atau lupa kata sandi Anda. Bila anda tidak punya alamat Email lain, boleh juga dikosongkan.

13. Lokasi: isi dengan lokasi tempat anda (default Indonesia)

14. Verifikasi kata: isi chaptca yang muncul pada kotak yang tersedia.

15. Persyaratan Layanan: baca artikel pada pernyataan layanan jika anda setuju klik tombol “saya menerima, Buat akun saya

16. Bila anda mengisikan langkah untuk membuat account Gmail dengan benar. Anda akan mendapatkan halaman pesan sukses dengan kalimat ”Selamat! Anda telah mendaftar ke Gmail! Berikut ini info sekilas yang dapat dibaca sebelum memakai Gmail".

17. Selamat membuat Account Gmail Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Post